Mengapa Apple Ciptakan Apple TV +



mengapa ciptakan apple tv

Informasi Apple - Pengumuman Apple tentang serangkaian proyek konten baru asli untuk layanan berlangganan Apple TV + yang akan datang menimbulkan dua pertanyaan: mengapa Apple ingin berada dalam bisnis itu, dan mengapa tidak hanya mengakuisisi Netflix, pemimpin mapan di ruang itu?

Layanan sebagai perangkat lunak: Apple TV +

Layanan baru yang diumumkan Apple pada Ajang bulan Maret adalah, secara efektif, aplikasi perangkat lunak yang dapat menghasilkan keuntungan dari pendapatan yang berkelanjutan sambil juga menarik dan mempertahankan audiens yang semakin besar ke platform perangkat keras Apple.

Pendapatan Layanan Apple tumbuh lebih cepat daripada sebagian besar segmen perangkat kerasnya. Ini juga menghasilkan margin yang lebih tinggi: Apple baru saja melaporkan margin kotor keseluruhan 38% pada kuartal Maret, tetapi 62,8% margin kotor di Layanan. Sangat mahal untuk mengembangkan pemrograman asli, namun begitu Anda melakukannya, Anda dapat melisensikan salinannya dengan sedikit biaya tambahan, menjadikannya bisnis yang berkembang dengan sangat baik setelah Anda memiliki pemirsa yang mapan.

alasan apple tvBerbeda dengan Layanan baru lainnya, Apple TV + bertujuan untuk menetapkan perusahaan sebagai produsen konten asli, dan bukan hanya sebagai kurator bakat orang lain, seperti yang sebagian besar telah ada di iTunes dan App Store dan seperti yang dimaksudkan untuk menjadi dengan video game Apple Arcade dan majalah Berita +.

Dengan rilis tvOS 12.3 hari Senin, aplikasi TV Apple yang ada sekarang bekerja mirip dengan aplikasi News-nya karena memungkinkan pemirsa untuk berlangganan secara individual ke berbagai Saluran layanan video, termasuk HBO, Starz, SHOWTIME, Smithsonian Channel, EPIX, Tastemade, dan MTV Hits. Tetapi daripada melakukan bundel kabel sendiri dengan cara yang sama News + menawarkan paket +300 majalah untuk berlangganan bulanan, layanan berlangganan TV + mendatang akan menampilkan konten asli yang diproduksi oleh Apple.


Dalam banyak hal, Apple TV + sangat mirip dengan versi video Apple Music. Apple meluncurkan layanan Musik streaming sebagai tanggapan atas pergeseran konsumen dari unduhan musik iTunes, yang dipimpin oleh popularitas Spotify. Apple TV + yang baru adalah langkah serupa untuk mengikuti perubahan permintaan dari unduhan film atau rental ke rencana streaming video all-you-can-eat yang dipopulerkan oleh Netflix.

Apple TV + sebagai permainan defensif

Mengapa Apple yang terkenal menguntungkan, yang menghasilkan arus kas luar biasa setiap kuartal, ingin berada dalam bisnis streaming musik dan video, yang melibatkan biaya tinggi dan margin yang sangat tipis?

ada apa dengan netflixSpotify tidak menguntungkan selama 13 tahun mencoba. Akhirnya melaporkan kuartal yang menguntungkan pada akhir 2018, menghasilkan $ 104 juta (94 juta Euro), tetapi kemudian kehilangan 41 juta Euro ($ 46 juta) pada kuartal Maret di 100 juta pelanggan musik yang dibayar. Di 2019, ia mengharapkan untuk kehilangan 2-3 kali lebih banyak dari yang diperoleh pada kuartal Desember.

Pada kuartal bulan Maret, Netflix melaporkan laba $ 344 juta tetapi arus kas bebas negatif $ 460 juta. Sekarang utang $ 12 miliar dan menghabiskan $ 12 miliar per tahun untuk menghasilkan lebih banyak konten asli baru agar tetap hidup.

Tampaknya Apple meluncurkan Apple Music dan langganan TV + yang akan datang untuk tetap relevan dalam konten. Ini juga pada awalnya memasuki bisnis unduhan musik dengan iTunes, bukan untuk membuat keuntungan besar, tetapi untuk memastikan bahwa musik yang direkam akan tetap tersedia untuk pengguna Mac dan iPod dalam format yang dapat dikendalikan Apple.

Jika Apple telah mendelegasikan penjualan unduhan musik ke Microsoft atau Sony dua puluh tahun yang lalu, itu akan terpaksa mengikuti jejak mereka dalam menciptakan perangkat keras yang mampu memainkan format apa pun dan skema DRM yang dipilih vendor untuk didukung. Dengan membuat kesepakatan pengiriman konten dengan label, Apple dapat menjual musik iTunes di AAC dan akhirnya menegosiasikan penjualan bebas DRM, dengan jelas membedakan produknya dari upaya mengunci musik oleh Microsoft dan Sony.

Posisi Apple dengan iTunes kemudian mengaktifkannya untuk mendistribusikan unduhan dan penyewaan film menggunakan MP4 H.264, dan mengoptimalkan pemutaran untuk format ini pada perangkat keras selulernya. Tanpa iTunes Store memindahkan volume besar penjualan media, Apple akan terpaksa mengadopsi WMP Microsoft atau distribusi video Adobe Flash, dengan dukungan tidak hanya dibangun ke dalam perangkat lunaknya tetapi juga dalam silikon kustom.

Bayangkan betapa populernya iPhone seandainya tidak ada iTunes dan Microsoft menolak untuk mengirimkan musik dan filmnya. Sebaliknya, Apple dapat menolak untuk mendukung WMP dan Flash dan memberikan produk yang jauh lebih baik karena itu.

Mengontrol teknologinya sendiri

Ketika musik dan film bergeser dari unduhan individual ke streaming langganan yang berkelanjutan, Apple harus mengikuti karena alternatifnya akan mengembalikan kontrol teknologi streaming ke pihak ketiga. Jika streaming mengalihkan konsumsi media umum ke Spotify dan Netflix, Apple pada akhirnya akan menghadapi masalah komoditas di mana setiap orang dapat menonton Netflix dan mendengarkan Spotify dari perangkat apa pun. Lebih jauh, Spotify dan Netflix bahkan mungkin mulai memprioritaskan pemutaran pada perangkat non-Apple.


Netflix sudah melakukannya dengan judul interaktif "Bandersnatch," a "pilih petualangan Anda sendiri" yang tidak didukung perusahaan di Apple TV. Wakil presiden produk Netflix, Todd Yellin mengabaikan kurangnya dukungan Apple TV, dengan menyatakan, "hampir setiap rumah tangga Netflix memiliki perangkat yang dapat memainkan Bandersnatch."

Netflix juga keluar dari langganan App Store Apple, mengakhiri dukungan untuk streaming AirPlay dan memilih keluar dari integrasi dengan aplikasi TV Apple (hanya bermain melalui aplikasi Netflix sendiri di TVOS dan iOS). Ini tentu bukan pertama kalinya produsen konten sengaja menahan kontennya dari perangkat Apple dalam langkah ofensif.


Pada 2010, Facebook awalnya menolak untuk menempatkan aplikasinya di iPad dan menarik diri dari kolaborasi jejaring sosialnya dengan iTunes Ping milik Apple. Jejaring sosial ini juga mengejar strategi aplikasi seluler lintas platform yang menolak platform iOS asli Apple sebelum menyadari bahwa itu adalah kesalahan besar.

Google Android membuat snubs eksklusif untuk iOS di Maps, Assistant dan di tempat lain; Amazon Fire Phone, kasus federalnya menghukum Apple karena berani bersaing dalam ebooks, dan penolakan sementara untuk menjual unit Apple TV; dan yang paling terkenal upaya Microsoft untuk menusuk kembali Mac, membunuh iPod, menertawakan iPhone, dan meremehkan iPad sebagai 'hanya perangkat media tanpa sistem operasi "nyata" —semuanya berlanjut sampai perusahaan-perusahaan itu menyadari bahwa mereka harus kembali ke rumah dan mengakui bahwa mereka benar-benar sangat membutuhkan bisnis Apple karena iOS sangat penting di antara pengguna mereka.

Apple saat ini memaksa pihak ketiga — termasuk Amazon, Facebook, Google, Microsoft, Netflix, dan Spotify — untuk mendukung platformnya hanya dengan menjadi begitu besar dan penting. Tetapi itu tidak bisa berhenti karena begitu Apple kehilangan relevansinya, mitra-mitra itu akan menyalakannya dengan cara yang sama seperti yang dilakukan masing-masing dari mereka secepat yang mereka kira.

Netflix dalam dingin

Di dunia di mana Netflix secara unik membuat konten asli yang menarik dan dipilihnya untuk didistribusikan dalam format berpemilik yang mungkin mengecualikan platform Apple di masa mendatang, sangat penting bagi Apple untuk memiliki pasokan konten miliknya sendiri yang membuat pengguna tertarik pada perangkat keras dan menekan Netflix untuk mendukungnya.


Peran ini pada awalnya dilakukan oleh iTunes, kemudian dikelola oleh popularitas dan eksklusivitas aplikasi yang dikembangkan untuk iOS App Store. Daripada harus membuat Spotify dan Netflix keluar dari bisnis, Apple hanya harus bersaing untuk mendapatkan perhatian mereka sehingga basis penggunanya yang terinstal tidak ditarik ke platform baru.

Itu juga mengapa Apple tidak perlu khawatir bahwa Google Maps memiliki fitur yang tidak dimiliki Apple Maps. Pengguna yang lebih suka layanan Google, seperti Asisten atau Peta, dapat menggunakannya di iOS. Tetapi opsi default adalah menggunakan Apple Maps dan Siri, dan kebanyakan orang melakukannya. Demikian pula, Apple bahkan mempromosikan ketersediaan Microsoft Office di iPad dan Mac bersama dengan aplikasi produktivitasnya sendiri. Dan senang berpartisipasi dalam keberhasilan Spotify dan Netflix.

Namun, jika salah satu dari layanan alternatif tersebut tumbuh tidak terkendali oleh penawaran Apple sendiri, mereka akan dengan cepat berubah menjadi masalah yang mengancam pentingnya platform Apple. Rencana Apple untuk menghabiskan miliaran dolar selama beberapa tahun ke depan pada televisi episodik asli untuk layanan TV + barunya adalah cara yang hemat biaya untuk memperkuat nilai platformnya dan menjadikan aplikasi TV sendiri sebagai pusat konten apa pun yang diinginkan penggunanya. streaming, bahkan jika itu juga termasuk konten asli dari Netflix, Hulu, Disney, HBO, dan layanan streaming lainnya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Amazon menjadi pasar terbaik untuk Apple Watch Series 4

Apple Rilis iOS 12.3, Lihat fitur barunya

Spesifikasi dan Harga iPhone 6 di indonesia terbaru